Rabu, 14 November 2012

Reynolds : Nasib Rohingya Tanggung Jawab Masyarakat Dunia


ORGANISASI internasional yang mengurusi permasalahan pengungsi tanpa kewarganegaraan, meminta masyarakat internasional untuk melakukan upaya kolektif dalam mengakhiri penderitaan Muslim Rohingya di Myanmar.

Berdasarkan laporan PressTv, Sarnata Reynolds, manajer program dari organisasi hak asasi, mengatakan bahwa untuk mendukung minoritas Muslim di Myanmar adalah tanggung jawab masyarakat internasional.

“Muslim Rohingya melarikan diri dari penuntutan, mereka melarikan diri dari kelaparan dan kekerasan, mereka juga melarikan diri dari kenyataan bahwa mereka memiliki ‘nol’ hak asasi manusia dan tidak ada yang bisa melindungi mereka. Jadi ketika mereka mengambil perjalanan perahu atau lari menjauh, mereka harus diterima. Mereka perlu diberi perlindungan, “kata Reynolds.
Dia juga menambahkan bahwa sejumlah besar Muslim Rohingya terlantar selama dekade terakhir. Hanya 3.000 dari mereka yang diakui sebagai pengungsi yang diberi akses ke badan pengungsi PBB dan badan-badan kemanusiaan lainnya. Sedangkan sisanya, mereka ‘sendiri’ tanpa perlindungan dibawah kondisi yang sangat mengerikan, deportasi atau penangkapan.
Selain itu, Reynolds juga mendesak negara tetangga Myanmar untuk terbuka terhadap Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan Myanmar. [ns/islampos/pt]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar