Jumat, 30 November 2012

Awas, Hal-hal Ini Bisa Bikin Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar bisa membuat orang tidak merasa nyaman. Namun seringkali seseorang tidak tahu apa yang membuat dirinya jadi sembeli. Ini dia beberapa hal yang dapat menyebabkan sembelit.

Terkadang sembelit datang secara mendadak atau bisa juga menjadi tanda dari penyakit serius yang dimilikinya. Meski begitu kedua kondisi ini tidak boleh diabaikan, walau kebanyakan sembelit akibat gaya hidup yang salah.

Sembelit mengacu pada sulitnya atau keras saat buang air besar. Jika seseorang buang air besar kurang dari 3 kali seminggu maka dikatakan sembelit. Masalah yang bisa timbul adalah cairan bersama dengan racun dapat diserap ke dalam aliran darah, karena itu sembelit tidak boleh diabaikan.

Umumnya sembelit terjadi ketika kontraksi otot melambat atau tidak efisien sehingga terjadi kelebihan penyerapan kembali air ke dalam usus besar. Penyebab kondisi ini bisa karena beberapa hal, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (30/11/2012) yaitu:

1. Kurang olahraga
2. Pola makan yang tidak teratur, seperti kurang serat
3. Konsumsi cairan atau minum yang kurang atau dehidrasi
4. Kuat dan teratur dalam konsumsi teh serta kopi
5. Mengabaikan dorongan untuk buang air besar atau sering ditahan
6. Gangguan emosional misalnya stres dengan kehidupan
7. Penyakit seperti ada tumor, wasir, stroke
8. Adanya gangguan atau abnormalitas dari fungsi usus

Sembelit dibagi menjadi akut (perubahan mendadak dalam buang air besar), kronis (jika sembelit terjadi dalam jangka panjang) serta parah (bila orang buang air besar kurang dari 1 kali dalam seminggu).

Beberapa orang cenderung lebih rentan kena sembelit seperti pada orang yang menyukai junk food, sering bepergian (wisatawan), hamil, orang yang menjalani pengobatan kemoterapi dan pasien yang harus berbaring di tempat tidur sehingga jarang bergerak.

Sembelit bukanlah masalah medis biasa, tapi perlu ditangani dengan baik karena dapat mempengaruhi kerja normal manusia. Jika dibiarkan bisa memberikan perasaan kembung dan sakit kepala.detikhealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar