Rabu, 14 November 2012

Kalau Mau Dapat Tangkapan Ikan Lebih Banyak, Cobalah Melaut Lebih Tengah Lagi

islampos.com—PADA suatu malam, saya dan teman saya masih ada di kios, kawasan mall tempat kami membuka usaha. Kios berukuran 3 meter x 3 meter itulah tempat saya dan teman saya memulai membuka usaha. Mall sudah mulai sepi dan kami masih terus berjibaku dengan apa yang masih bisa kami kerjakan. Pemilik  mall tersebut datang menghampiri ketika melihat kios kami masih terbuka. Biasanya tiap satu atau dua minggu sekali, beliau datang mengunjungi mall tersebut. Perilakunya yang dekat dengan siapapun membuat kami lebih akrab dengan beliau.
Beliau duduk tepat di depan kios kami dan memanggil saya. Di usianya yang mulai beranjak senja, beliau masih saja melihatkan keinginannya untuk terus berkarya. Seperti pohon tua yang tumbuh besar beliau menaungi kami di bawah keteduhannya. Ada nasihat yang saya selalu ingat dan masih terus memacu saya untuk terus berbuat banyak. “Kalau kamu mau lebih maju lagi, buka kios yang lebih besar. Buka usaha lebih besar lagi! Untuk mendapatkan ikan lebih banyak, nelayan akan melaut ke laut yang lebih tengah.”
Memang syarat mutlak untuk seseorang yang menginginkan pertumbuhan lebih baik, pendidikan lebih baik dan kekayaan lebih banyak, maka dia harus memperluas wawasan dan area cakupannya. Jika mau mencari keuntungan lebih banyak, cobalah memperbesar usaha dengan jangkauan lebih luas. Semakin luas, maka semakin banyak yang kita peroleh.
Dalam sebuah film Perfect Storm ketika para penangkap ikan ingin mendapatkan hasil tangkapan lebih banyak, mereka melakukan perjalanan ke laut yang lebih tengah meski ternyata berisiko tinggi. Semakin besar keuntungan yang kita peroleh, maka kita akan dihadapkan pada risiko besar pula. Hanya sejauh mana keberanian kita untuk mengambil risiko. Semakin tinggi sebuah bangunan, maka semakin besar pula angin yang menerpanya. Hanya bangunan yang berpondasi kokoh yang mampu menahan kencangnya angin dan besarnya tantangan. Hanya orang yang bermental kuat yang mampu melewati banyak cobaan.
Bagaimana dengan Anda?
Rosadi Alibasa, Direktur Shakira Grafika
sumber:islampos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar