Kamis, 20 Desember 2012

Penyakit Bangsa Indonesia

Mengapa Indonesia susah sekali menjadi negara maju? Diganti pertanyaannya, mengapa Indonesia tak maju-maju? Oh sama ya, atau mengapa Indonesia direndahkan oleh kebanyakan  warganya sendiri, bahkan ada yang sampai tak peduli, Indonesia mau maju, mau hancur berantakan, sabodo amat, emangnya gua pikirin! Ada yang sampai begitu amatis, begitu pesimis melihat carut marutnya bangsa Indonesia, apa lagi melihat masalah politik, politikus dan para “tikus” negara alias koruptor yang susah sekali diberantas, karena  kurang tegasnya para penegak hukum, mengapa itu terjadi? Karena “maling”nya juga teriak “maling”!
Di jaman Reformasi sekarang, dari tingkat menteri, gubernur, bupati, camat dan sebagainya bisa dijerat ke “meja hijau” alias diadili, polisi bisa ditangkap polisi, jaksa  bisa dituntut oleh jaksa, hakim bisa dihakimi dan begitu seterusnya, namun sang koruptor kelas kakap masih susah untuk tersentuh hukum, apa lagi kalau hal tersebut koruptor yang cukong-cukong kelas kakap yang bisa kabur ke luar negeri dengan alasan sakit, maka mereka bebas lenggang kangkung.
Lalu mengapa Indonesia seperti ini? Ini “penyakit” bangsa Indonesia secara umum, yang kalau tidak segera diobati, penyakit ini akan menjalar ke seluruh pelosok negeri, mari kita bahas dan kita cari solusinya:
Pertama, penyakit hati, terutama iri dan dengki. Ini penyakit yang sangat umum yang ada pada bangsa Indonesia, bukti yang sangat jelas untuk penyakit ini adalah paling tidak senang bila orang sukses, dan bisa sakit hati kalau ada orang bahagia, anehkan? Orang senag dia susah, orang susah dia senang! Penyakit ini hampir melanda sebagian besar bangsa Indonesia, walau susah untuk mengumpulkan datanya, karena memang ini masalah hati, yang ada di dalam diri manusia.
Kedua, paling senang pada gosip, ini penyakit yang paling banyak melanda, kabar angin, kabar burung, dan berbagai jenis kabar yang entah dari mana asalnya, yang biasanya disebut isu atau isapan jempol belaka, usah mencari sumbernya, tapi ada beritanya! Persis seperti, maaf, kentut! Ada baunyanya tapi susah mencari sumbernya. Gosip yang kata orang makin digosok semakin sip, semakin diberi bumbu semakin nikmat untuk dilahap, terutama bagi para penggemar gosif, yang ujung-ujungnya adalah mencari kesalahan orang!
Ketiga, tak puas menerima apa yang ada, yang ada tidak disukuri, yang lewat disesali, yang belum ada di harap-harap, lalu kapan bahagianya? Ini penyakit kebanyakan orang Indonesia, apa yang ada di tangan suka tak dihargai, yang dilhat milik orang lain, maka muncul ” rumput tetangga selalu lebih hijau ketimbang rumput di taman sendiri” Wah kalsu sudah begini adanya, repot untuk mensukuri yang ada, yang bahkan selalu kurang, kurang dan kurang.
Ini makanya banyak terjadi korupsi di segala line, susah mencari orang yang bersih dan jujur, apa lagi mencari orang yang benar-benar bersih, jujur, sederhana tapi integritasnya tinggi. Bukan tidak ada, ada… ada, tapi susah mencarinya.  Untuk 2014 saja bangsa Indonesia sedang kerepotan mencari RI1, banyak calonnya tapi belum tentu yang diamaui banyak orang! Bisa saja para capres nanti pinter-pinter, tapi belum tentu jujur-jujur!
Keempat, sering mejelek-jelekan bangsa sendiri, ini juga penyaki kronis yang ada di masyarakat Indonesia secara umum, marak korupsinya membuat orang tak percaya pada kemampuan bangsa sendiri, bahkan ada yang sampai apatis, pasif, bahkan boleh dibilang cuek  bey beh alias tak mau tahu tentang Indonesia. Indonesia mau hancur berantakan, mau jungkir balik tak karuan, atau Indonesia bangkrut di segala bidang kehidupan, mereka tak peduli, sabado amat! Bgitu akat mereka, nah ini jelas-jelas akan meinimbulkan beban masyarakat nantinya.
Anda bisa bayangkan kalau satu dua juta orang atau puluhan juta orang Indonesia pesimis dan tak mau tahu tentang nasib bangsa Indonesia, wah benar-benar bangsa Indonesia akan terpuruk dan bahkan hancur berkeping-keping, alias pecah berantakan menjadi negara-negara sendiri, seperti yang dimaui pihak Belanda ketika mebentuk RIS(Republik Indonesia Serikat), Indonesia sebagai negara kesatuan pada saat itu hanya menjadi bagian RIS! Sedih bukan.
Kelima, belum mandiri, ini bisa terlihat dengan Suara Indonesia yang sayup-sayup sampai di forum PBB atau di forum-forum Internasional lainnya.  Indonesia adalah bangsa yang besar dan semua orang tahu, tapi kekuatan suaranya tidak selantang Iran atau selantang Malysia di jaman Mahatir! Kita mengtahui setelah era Sukarno, sebagai presiden RI pertama, belum terdengar lagi presiden Indonesia yang bersuara lantang, selantang Sukarno!
Sukarno dengan konsep berdikarinya telah begitu tegar dan bersuara yang keras dan lantang menentang segala macam imperialisme dan kolonialisme dalam bentuk apapun! Bahkan dengan Amerika Serikat pun Sukarno berani berkata:” Go to hell with your aids!“, padahal saat itu Indonesia kasarnya belum punya apa-apa, dan benar-benar tak ada apa-apa, tapi Sukarno berani teriak dengan lantang!
Wah kalau mau dibahas bisa lebih panjang lagi, lalu bagaimana solusinya? Biasanya tidak ada solusi yang  mudah, perlu ada proses! Dan proses pun bisa pendek, menangah atau panjang! Namun yang jelas dianatar solusi yang paling cespleng adalah dari pemimpinya dulu, dari orang yang paling puncak dulu!Nah ini akan kita milki saat 2014 nanti, disitulah capres-capres nanti diuji oleh rakyat melalui Pemilu 2014!
Rakyat yang cerdas tak akan mau lagi di sogok-sogok dengan serangan fajar di subuh dini hari, rakyat cerdas bila diberikan uang untuk memilih, uangnya diambil, tapi orangnya belum tentu yang dipilih! Jadi ambil uangnya, orangnya ambil yang terbaik! Rakyat harus memilih capresnya nanti yang terbaik, yang benar-benar memang baik, bukan pura-pura baik menjelang capres!
[Syaripudin Zuhri/eramuslim]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar