Senin, 03 Desember 2012

Mukena Itu Pakaian Muslimah Sehari-Hari

DAPET cerita dari temen lagi nih, ceritanya tuh tentang mukena. Dia cerita tentang mukena yang…. (ada yang motong pembicaraan)
Lho kok mukena?
Emang dia baru beli mukena baru gituh ampe di cerita-ceritain segala?
Berapa harga mukenanya?
Beli dimana emang?
Bukaaaaaaaaaann beli mukena buuuu !! (dengerin dulu napa?)
Terus apa donk?
Mukena yang mu diceritain disini diangkat dari sebuah pertanyaan ‘Kenapa shalat musti pake mukena??’
Nah iya tuh, kenapa kalo shalat musti pake mukena?
Hmm jawabam standarnya yaaaa buat nutup aurat ketika shalat (iya kan??)
jawabannya ngaurnya, yaaaa au ah gelap!! (Gubragks, Sumpaaah males banget ama kata-kata ini!!)
Kita ambil jawaban pertama aja ya (coz jawaban yang kedua jelas-jelas ngawur!!)
Tentang jawaban yang nutup aurat tadi, semua muslimah pasti tau kan auratnya itu dimana?? Semua pasti tau mana aja yang jadi aurat muslimah.
Iya tau, napa emang? Apa hubungannya ama mukena?
Ehem jadi begini, bagi temen-temen (akhwat) yang selalu pake mukena anytime en anywhere, ada yang mesti kita sadari dibalik pemakaian mukena ketika shalat.
Emang ada apa sih??
Hmm, jawaban tadikan katanya pake mukena tuh biar aurat kita kagak keliatan kalo lagi sholat. Jujur saja, jika mukena dijadikan standarisasi sebagai pakaian sholat yang bisa menutup aurat ketika shalat, itu artinya akan menjadi standarisasi pakaian sehari-hari semua muslimah (setuju kan??)
Yuk kita rentetin ciri-ciri mukena!!
Mukena itu longgar, nggak neko-neko dan pastinya nutup aurat. Iya kan??
Terus saya harus pake mukena setiap hari gituh sekalipun mu ke pasar??
Bukaaan, bukan gitu!!
Maksudnya dengan adanya mukena, maka ia akan menjadikan standarisasi buat pakaian muslimah. Nggak mesti mukena yang dijadiin pakaian, tapi kita bisa beli baju baru yang lebih memiliki warna yang lebih bagus asal longgar, nngak berlebihan  dan nutup aurat. Sekarang ngerti kan??
Selain itu, dengan pakaian yang longgar dan nutupin aurat, kita juga jadi nggak ribet kalo mu shalat.
Lho kok bisa?
Bisalah, dengan pakaian yang longgar dan nutupin aurat (tentunya selain pakaian berupa baju juga kita mesti pake kaos kaki en manset), kita nggak ada lagi alasan buat akhirin shalat atau bahkan ninggalin shalat dengan alasan nggak ada mukena!! Cukup dengan pakakain yang nutup aurat kita bisa shalat tanpa mukena. Subhanallah, Islam memang tidak pernah memberatkan pada hambaNya. Nggak ada mukena pakaian yang nutup aurat pun jadi!! Begitulah kira-kira.
Ngomong-ngomong, bukan berarti ninggalin mukena juga ya. Justru bagus kalo kita pake mukena, dengan begitu artinya kita apik, mengkhususkan pakakain buwat shalat.
Jadinya bagusan pake mukena atawa nggak?? Bingung nih!
Dua-duanya bagus!!. Dan yang jelas, kita lagi shalat atawa nggak lagi dalam shalat, tetep tutup aurat yaa. Kita tutup aurat dengan pakaian sebagaimana mukena yaa, karena mukena itu memang pakaian muslimah sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar