Sabtu, 04 Mei 2013

Buang Air Besar Lebih Sehat Dengan Kloset Jongkok daripada Duduk

Kloset jongkok dianggap sudah sangat ketinggalan jaman dan mulai digantikan dengan kloset duduk. Padahal menurut penelitian, kloset jongkok malah lebih sehat dibanding kloset duduk.

Penelitian di tahun 2003 mengungkapkan buang air besar menggunakan kloset jongkok mengurangi risiko ambeien karena tak perlu berlama-lama untuk mengejan.
Proses mengejan dapat menekan saraf-saraf penting, seperti saraf kandung kemih, prostat dan rahim. Proses mengejan juga dapat mengembangkan wasir atau pembuluh darah membengkak di dalam dan sekitar anus.

Keunggulan lainnya, membuang kotoran dengan kloset jongkok jauhlebih cepat. Tercatat, hanya memerlukan 51 detik untuk mengeluarkan semua kotoran di perut dibandingkan 130 detik ketika duduk di kloset. Mengapa bisa terjadi?

Ternyata, otot-otot sekitar usus besar lebih nyaman bekerja karena otot paha saat jongkok ikut membantu peregangan. Penelitian juga menungkapkan bahwa berjongkok dapat melemaskan otot puborectalis dan membantu membuka anus. Kondisi ini tentu saja membantu untuk mengeluarkan kotoran lebih mudah. Bahkan, berjongkok juga melindungi saraf dari kerusakan akibat tekanan.

Para ahli juga menyarankan untuk menggunakan kloset jongkok untuk mengatasi masalah usus. Bagi ibu hamil, posisi berjongkok membantu persalinan secara normal karena berjongkok merupakan posisi alami manusia saat melahirkan.

Nah sediakan saja kloset jongkok di rumah anda, jangan malu dianggap tidak moderen, yang penting lebih sehat.muslimdaily

Tidak ada komentar:

Posting Komentar